Gigi Palsu Permanen dan Tanam Gigi Apakah Sama

Ulasan Saya kali ini membahas tentang beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan  kepada dokter gigi mengenai Implan gigi atau gigi palsu permanen atau banyak juga yang menyebutnya tanam gigi.
Apa sih Dok implan gigi itu apakah sama dengan tanam gigi, gigi palsu permanen? bisa diterangkan secara mudah Dok? Terimakasih..
Implan gigi atau gigi tanam maupun gigi palsu permanen adalah sama hanya istilah nya saja yang berbeda beda. Inti dari Implan gigi adalah suatu bahan  titanium yang ditanam pada tulang rahang gigi, yang mana titanium tersebut berfungsi untuk mengganti bagian akar pada gigi. Titanium tersebut di design sedemikian tupa hingga ada bagian yang tertanam di dalam gusi dan ada yang muncul di permukaan gusi, bagian yang muncul di permkaan gusi ini yang nantinya di selubungi oleh mahkota gigi.   Gigi tanam dapat dipergunakan untuk menggantikan satu atau lebih dari gigi yang hilang.
Baca juga DRG David Andreasmito
Berapa Harga Gigi Palsu Permanen ?
Harga Implan Gigi berfariasi di beberapa tempat sekitar Rp. 15 juta per gigi , tergantung tingkat kesulitan yang biasanya membutuhkan bahan pendukung lain seperti bahan pencangkokan tulang (bone graft) dll, harga yang mahal juga dipengaruhi dari bahan implan gigi yang masih import. Harga gigi palsu permanen tersebut bisa lebih murah jika pemasangannya lebih dari 3 unit tergantung kebijaksanaan dokter atau rumah sakit  setempat.
Apakah implan aman dan berapa lama mereka akan bertahan?
Implan Gigi Sangat aman dan selama dirawat dengan baik serta tidak ada penyakit atau infeksi sekitar Implan maka Implan gigi akan bertahan lama bahkan bisa sampai seumur hidup anda tergantung dari kesehatan tulang anda juga tentunya, akan tetapi mahkota Implan yang berada di atas gusi yang menyerupai gigi bisa bertahan 15-25 tahun.
Kalau Mahkota Implan Gigi rusak apakah harus di lakukan pengeboran lagi seperti pemasangan awal? Mahalkah biayanya
Jika hanya mahkotanya saja yang rusak, maka yang diganti  hanya mahkotanya saja tidak perlu dibor seperti pemasangan awal, dan biayanyapun tidak mahal
Sulitkah Cara Merawat Implan Gigi?
Merawat implan gigi sangat mudah, sama halnya dengan merawat gigi asli yaitu dengan menjaga kebersihannya, sikat gigi secara teratur, kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali. Begitu pula halnya untuk gigi implan dan gigi asli mempunyai  kesamaan bila tidak dirawat akan menjadi rusak.
Gigi saya masih ada beberapa di rahang atas dan rahang bawah, apakah bisa di implan untuk kekurangannya agar lengkap seperti gigi normal ?
Sangat bisa, bahkan untuk gigi ompong keseluruhan pun. Tentunya di periksa dulu ketebalan tulang dan lain lain.
Kalau tulang rahang saya tipis apakah bisa untuk dipasang implan?
Tergantung seberapa tipis tulang tersebut, ada beberapa teknik pembedahan untuk mempertebal tulang agar bisa dipasang implan, atau jika memungkinkan menggunakan jenis Implan khusus untuk rahang yang tipis, dokter gigi anda  akan memberikan pertimbangan untung dan ruginya untuk tiap tindakan tersebut.
Apakah proses pemasangan implan gigi harus di bius total?
Pemasangan  implan gigi sering lebih mudah daripada pencabutan gigi dan biasanya dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal yang sederhana. Anda tidak akan merasa sakit pada saat itu, tetapi seperti setelah ekstraksi, Anda mungkin merasa tidak nyaman selama seminggu setelah operasi, tapi ketidaknyamanan tersebut bisa diatasi dengan obat yang dii resepkan gokter gigi
Anestesi umum (bius total) jarang digunakan untuk implan dan biasanya hanya digunakan untuk kasus-kasus yang sangat rumit.
Berapa lama proses pemasangan dan pengobatan berlangsung?
Dokter gigi akan dapat memberikan jadwal sebelum pengobatan dimulai.
Biasanya gigi palsu permanen dipasang 3 sampai 4 bulan setelah implan diletakkan di. Beberapa gigi sekarang bahkan dapat dipasang pada waktu yang sama dengan implan, ini disebut ‘implan langsung’.
Apa yang terjadi selanjutnya?
Setelah implan Anda di tanam, tulang rahang Anda perlu tumbuh ke dan menyatu dengan bahan titanium tersebut,  Hal ini biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan tergantung dari kondisi tubuh masing masing pesien.
Bagaimana jika saya mengalami kecelakaan?
Sebagaimana gigi asli yang dapat rusak akibat benturan kecelakaan gigi implan pun bisa mengalami kerusakan akibat benturan kecelakaan. Perbaikannya pun dapat dilakukan oleh dokter bedah mulut dengan beberapa cara tergantung dari kerusakannya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Gigi Palsu Permanen dan Tanam Gigi Apakah Sama"