Teknik Perawatan Gigi Terkini

Kini kemajuan teknologi Kesehatan maju dengan pesat, terutama pada sektor Kesehatan gigi yang berdampak positif pada masyarakat untuk mendapat kemudahan dan aksesibilitas untuk mendapatkan perawatan gigi terbaik.
Beberapa teknik perawatan gigi terkini misalnya invisalign, implan gigi, dan bleaching. Invisalign adalah teknik meratakan gigi tanpa menggunakan behel atau wireless orthodontic. Bagi sebagian orang yang merupakan publik figur merasa tidak percaya diri dengan penggunaan behel, invisalign bisa menjadi solusi. Invisalign merupakan perata gigi berbentuk pelapis gigi transparan yang dicetak sedemikian rupa berbentuk selongsong gigi. Mulanya gigi akan dicetak, di-rontgen dan difoto untuk kemudian hasilnya akan dicetak menjadi perata gigi transparan (aligner). Dengan menggunakan teknik 3D computer imaging, akan terlihat perawatan yang dibutuhkan dari awal hingga akhir. Dari langkah inilah selanjutnya dibuat perata gigi dalam jumlah tertentu (sesuai kebutuhan). Setiap perata gigi diganti selama 2 minggu sekali.
Penggunaan aligner ini memerlukan perawatan yang intensif. Sebab, pada 2 minggu sekali aligner yang digunakan pada gigi harus diganti. Lamanya penggunaan aligner pada gigi, ini tergantung pada tingkat keparahan gigi, jika harus menggunakan 16 kali pemasangan aligner gigi, maka waktu yang diperlukan 8 bulan masa perawatan. Dalam sehari aligner digunakan selama 22 jam, di lepas ketika pasien makan dan menyikat gigi. Perawatan dengan aligner umumnya lebih singkat dari pada penggunaan behel atau kawat gigi biasa. Teknologi terbaru memang membutuhkan cost lebih tinggi, sebab kontrol perawatan yang dibutuhkan juga dilakukan lebih cepat.
Baca juga Drg David Andreasmito
Kemajuan teknologi lainnya adalah implan gigi. Teknologi ini dikhususkan pada individu yang tidak memiliki gigi, atau ada gigi yang hilang. Implan menggunakan titanium sebagai akar gigi tiruan yang akan di tanam pada gusi dan rahang yang ompong selama 4 bulan, agar bersatu tulang rahang dengan titanium. Yang kemudian dicetak dan dipasang gigi tiruan diatasnya.
Keuntungannya gigi tetangga tidak perlu diasah, pasien juga dapat memakai gigi tiruan cekat, dan kontur tulang rahang tetap terjaga.
Bleaching, adalah cara memperbaiki perubahan warna pada gigi dengan pemakaian bahan oksidator kuat. Sebelum melakukan perawatan ini tentunya pasien akan berkonsultasi dengan dokter gigi untuk dapat mendiagnosis penyebab perubahan warna gigi. Setelah mengecek kondisi gigi dan rongga mulut serta warna gigi semula, gigi akan dilindungi oleh pelindung gusi untuk kemudian dioleskan berupa gel yang merupakan carbamide petoxide pada permukaan gigi yang kemudian akan disinar. Prosesnya pun begitu cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dan hasilnya langsung kelihatan. Pasien juga tidak harus melakukan kontrol gigi rutin, hanya dengan membawa take home kit untuk melanjutkan perawatan gigi secara berkala di rumah sendiri, tanpa bantuan dokter gigi lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Perawatan Gigi Terkini"

Posting Komentar