Manfaat Daun Sirih Untuk Gigi



Daun sirih atau dengan nama ilmiah Piper betle merupakan tanaman obat yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri daun sirih banyak dimanfaatkan untuk bahan herbal sebagai obat alami untuk mengobati berbagai macam keluhan kesehatan dan dijadikan sebagai obat alami perawatan tubuh. Daun sirih memiliki aroma yang khas karena mengandung minyak esensial yakni fenol dan terpen. Selain itu, daun sirih diketahui memiliki berbagai fitokimia diantaranya seperti eugenol, metil eugenol, eucalyptol, asam stearat dan sebagainya. Berbicara mengenai perawatan kesehatan, daun sirih juga baik digunakan sebagai bahan tradisional untuk perawatan gigi. Manfaat daun sirih untuk gigi memang tidak diragukan lagi dan hingga sampai saat ini daun sirih masih dipercaya dan digunakan oleh orang tua jaman dulu sebagai obat herbal paling ampuh.

 Permasalahan yang timbul pada gigi yang kurang terawat akan beragam, mulai dari gigi berlubang, sakit gigi hingga permasalahan bau mulut bisa diatasi dengan menggunakan daun sirih. Nah, bagi anda yang saat ini tengah merasakan sakit yang begitu menyiksa pada gigi dan terasa begitu menjengkelkan, maka daripada mencari-cari obat sakit gigi dan hasilnya masih sama mengapa tidak mencoba daun sirih sebagai obat alaminya.

Baca Juga Perawatan Gigi dengan HI–TECHDrg David Andreasmito 

Menurut sebuah penelitian mengungkapkan mengunyah daun sirih dengan rutin dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi serta mencegah mulut dari aroma nafas yang tidak sedap. Sementara itu, daun dan batang sirih juga berfungsi dalam mengatasi gangguan pencernaan, asma, batuk dan sembelit. Sedangkan minyak esesial yang berasal dari daun sirih memiliki manfaat sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri.
Selain itu, berbagai penelitian pre-klinik juga telah membuktikan jika daun sirih memiliki manfaat anti bakteri, anti jamur, anti larva, anti diabetes dan anti inflamasi yang baik untuk kesehatan.

Mengingat begitu banyak manfaat dan kandungan yang baik dalam daun sirih, maka tidak heran jika saat ini kita akan dengan mudah menjumpai produk perawatan kecantikan dan kesehatan yang menjadikan daun sirih sebagai bahan utamanya, termasuk dengan produk perawatan gigi seperti pasta gigi daun sirih.
Nah, dengan demikian bagi anda yang kurang berani memanfaatkan daun sirih dengan langsung dikunyah, maka anda bisa menggunakan produk pasta gigi berbahan daun sirih. Dengan tekhnik menyikat gigi yang benar, penggunaan pasta gigi daun sirih ini akan membantu anda dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi anda.

Terlepas dari kegunaannya, daun sirih sering kali dikaitkan dengan penyebab kanker dalam rongga mulut. Namun, tidak sepenuhnya pernyataan ini benar. Sebab kebiasaan yang banyak dijumpai pada masyarakat adalah mereka tidak hanya mengunyah daun sirih saja namun juga mereka mencampurnya dengan bahan-bahan campuran lain seperti kapur, tembakau dan pinang. Dimana bahan campuran inilah yang dipercaya sebagai sumber utama terjadinya kanker pada rongga mulut, terutama tembakau.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Daun Sirih Untuk Gigi"

Posting Komentar