Odontektomi


Pernahkah kita pergi ke dokter gigi untuk dilakukan tindakan odontektomi? Odontektomi adalah suatu tindakan bedah atau operasi sederhana yang dilakukan untuk mengeluarkan gigi bungsu yang impaksi. Sebagai pengingat, gigi impaksi adalah gigi yang tidak dapat keluar sama sekali atau tidak dapat keluar secara sempurna pada rongga mulut.  Gigi bungsu yang impaksi terjadi karena posisi gigi dan ruang pada lengkung rahang yang tidak memenuhi syarat untuk gigi bungsu tersebut dapat tumbuh sempurna.

Setelah prosedur odontektomi dilaksanakan, pipi kita akan membengkak sehingga wajah kita terlihat tidak simetris. Hal ini merupakan peristiwa yang wajar karena tubuh kita akan memberi respon  yang membantu proses penyembuhan setelah tindakan odontektomi.  Pengeluaran gigi bungsu dengan prosedur odontektomi dianggap oleh tubuh kita sebagai suatu trauma, sehingga tubuh akan mengusahakan penyembuhan sesegera mungkin pada area tersebut dengan proses yang disebut sebagai inflamasi. Inflamasi yang terjadi ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, terasa lebih hangat dan  nyeri.  Jadi kita tidak perlu kuatir karena pembengkakan yang terjadi adalah respon normal dari tubuh.  Pada umumnya 3 sampai 4 hari setelah prosedur odontektomi, pembengkakan akan berkurang dan hilang setelah 1 minggu. Namun bila 3 hari setelah prosedur odontektomi dilakukan justru pembengkakan semakin parah, maka perlu pergi ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan karena kemungkinan terjadi infeksi pada area tersebut.



Lalu, bagaimana untuk meminimalisasi pembengkakan yang terjadi?  Biasanya dokter gigi yang menangani kita akan meresepkan obat-obatan seperti antibiotik, pereda rasa sakit, dan antiinflamasi untuk mencegah infeksi paska operasi, mengurangi rasa nyeri dan agar pembengkakan yang terjadi tidak terlalu masif. Jangan berkumur atau meludah terlalu keras dan bila kita memiliki kebiasaan merokok hentikan minimal selama 1 hari (kalau bisa selamanya J ) paska pengambilan gigi bungsu tersebut untuk membantu menghentikan perdarahan yang terjadi. Bila dalam 24 jam perdarahan yang berat terjadi, sebaiknya segera pergi ke dokter gigi agar diberi penanganan khusus. Kompres dengan es atau air dingin untuk mengurangi pembengkakan. Biasanya pada area yang dijahit akan tersangkut makanan di dalamnya, sebaiknya jangan mencongkelnya apalagi dengan benda yang tajam karena akan merangsang perdarahan kembali, sebaiknya berkumur perlahan dengan air garam hangat untuk mempercepat penyembuhan dan mengeluarkan sisa makanan tersebut. Biasanya mulut akan lebih sulit terbuka atau terbatas, coba bertahanlah untuk sementara dalam kondisi seperti itu dan makanlah dengan perlahan. Biasanya setelah satu minggu, kita akan diminta kembali ke dokter gigi tersebut untuk kontrol dan lepas jahitan.


Baca Juga :

Miliki Senyum Indah With Braces Drg David Andreasmito

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Odontektomi"

Posting Komentar