Drg David Andreasmito - Pengaruh Rokok Pada Gigi dan Gusi



Kini perokok bukan hanya kaum laki-laki tapi juga menjadi gaya hidup kaum hawa terutama di kota-kota besar, Perlu kita semua tahu bahwa merokok juga akan merenggut senyum menawan kita. Mengapa begitu? Merokok akan mempengaruhi kondisi kesehatan rongga mulut kita termasuk merusak gusi serta gigi kita yang seharusnya berderet sehat dan cemerlang di saat kita tersenyum. Hmm…sebenarnya apa saja ya yang diperbuat oleh rokok dan kenapa bisa sampai merusak gigi dan gusi?



Menurut Drg David Andreasmito, Akibat rokok yang paling ringan terhadap kondisi gigi dan mulut adalah terjadinya perubahan warna gigi pada perokok aktif. Tembakau yang menjadi bahan utama rokok akan menyebabkan terjadinya perubahan warna. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa perubahan warna pada gigi oleh rokok ini disebabkan karena zat yang disebut nikotin padahal sebenarnya disebabkan oleh hasil pembakaran tembakau. Gigi yang seharusnya berwarna putih akan berubah warna menjadi cokelat bahkan bisa menjadi kehitaman. Warna pada gigi akibat merokok ini sebenarnya bisa dibersihkan dengan tindakan scalling akan tetapi jika terus menerus berlanjut dan tidak dilakukan pembersihan secara rutin maka akan bisa menjadi noda yang sulit dihilangkan.



Kondisi kesehatan gigi pada seorang perokok bisa diperparah dengan rendahnya kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kebiasaan merokok pada dasarnya akan membuat timbunan bakteri di dalam mulut menjadi bertambah. Jika tidak diimbangi dengan kebiasaan menjaga kebersihan gigi dan mulut yang baik maka bukan tidak mungkin akan muncul timbunan karang gigi yang meluas seiring dengan berjalannya waktu. Karang gigi dan bakteri yang menumpuk ini akan dengan mudah menyebabkan peradangan pada gusi atau yang sering disebut dengan istilah gingivitis.

Baca Juga : Metode Pemasangan Gigi Implant, Drg David Andreasmito
Drg David Andreasmito, Menambahkan bahwa gangguan kesehatan gusi pada perokok bukan hanya disebabkan oleh timbunan bakteri pada mulut tetapi juga bisa karena suhu udara yang dihasilkan rokok di dalam mulut. Ketika merokok maka mulut akan menerima proses pembakaran yang dapat menganggu peredaran darah di dalam gusi. Terganggunya peredaran darah ini akan membuat distribusi nutrisi di dalam gusi menjadi tidak seimbang. 


Oleh sebab itu, paparan rokok yang terjadi terus menerus akan menyebabkan gusi menjadi tidak sehat dan berubah warna. "kondisi gigi yang tidak sehat ini juga bisa meningkatkan kemungkinan gigi untuk terlepas dari soketnya, ya... singkatnya, gigimu menjadi lebih mudah copot ketika kamu memiliki kebiasaan merokok"
Bukan hanya penampilannya saja yang menjadi tidak enak dipandang, napas yang kamu keluarkan ketika berbicara juga akan menjadi tidak sedap jika kamu memiliki kebiasaan merokok. Asap rokok akan memenuhi rongga mulutmu dan menyisakan bau asap rokok yang membuat aroma mulutmu menjadi tidak sedap. 

Baca Juga : JUSUF Kalla Perhatikan Kesehatan Gigi

Kondisi ini tentu saja tidak nyaman dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Hmm…nggak enak kan?
Pokoknya ada banyak sekali dampak negatif rokok yang bisa mengganggu kondisi gigi dan mulutmu. Yang paling parah adalah dengan merokok maka kamu sama saja sedang meningkatkan resiko kanker mulut untuk dirimu sendiri. Bukan hanya kanker paru-paru ternyata tapi merokok juga bisa menyebabkan kanker mulut dan bisa berakibat fatal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Drg David Andreasmito - Pengaruh Rokok Pada Gigi dan Gusi"

Posting Komentar